Membuat Produk untuk industri, Bagaimana?

Hay teman-teman.. balik lagi nih, setelah membahas banyak mengenai tujuan, lalu bagaimana kita memproduksi sebuah produk makanan. Dalam membangun sebuah perusahaan maupun industri dalam bidang pangan, hal yang harus diperhatikan adalah bahan baku yang kita akan gunakan. apakah bahan baku ini merupakan bahan maku musiman yang tidak setiap musim ada, apakah bahan baku ini berlimpah dan dapat ditemukan dimana saja sepanjang tahun, atau bahkan apakah bahan baku tersebut benar-benar tidak ada di suatu daerah. keberadaan bahan baku merupakan hal yang penting, karena setiap produksi pasti membutuhkan bahan baku. apa bila bahan bakunya tidak ada, tentu saja produksi tidakk dapat berjalan, dan hal tersebut akan berpengaruh pada konsumen yang mengkonsumsi produk kita.

Dalam memproduksi sebuah produk, terdapat dua kutub atau fokus yang dapat digunakan sebagai acuan . 2 kutub atau fokus tersebut adalah teknology push dan market pull. teknologi push berfokus pada .teknologi push memberikan fokus produk yang kita produksi berdasarkan perkembangan teknologi, umumnya produk yang berbasis teknology push merupakan barang dengan inovasi maupun memiliki fitur baru, karena umumnya di pasar masih belum ada sebelum produk tersebut dipasarkan. namun dengan munculnya teknologi tersebut, dapat menjadikan kebutuhan oleh konsumen, dan menjadi kebiasaan bagi konsumen, contoh mudahnya adalah ponsel pintar atau smart phone, dahulu ponsel pintar merupakan hal yang tidak ada, dan mungkin mustahil kata orang, namun beriring berjalannya waktu, ponsel pintar sekarang menjadi kebutuhan bagi banyak komunitas.

Fokus yang kedua adalah fokus market pull, pada market pull, kita memproduksi suatu produk berdasarkan permintaaan pasar atau kebutuhan pasar, jadi umumnya produk tersebut telah ada dipasaran, namun tinggal dimodifikasi agar masyarakat atau konsumen menjadi tertarik, market pull menunjukkan bahwa pasar produk tersebut sudah ada, namun bagaimana caranya agar kita untuk ikut dan bergabung dalam pasar, namun juga dikenal, oleh karena itulah dilakukan innovasi.
da sekalian dulu mengenai market pull dan technlogi push.. semoga kita bisa membahas lebih banyak.. !

Comments