Aset, Cash Flow dan Kas dalam perusahaan

Balance Sheet

Aset adalah modal yang dimiliki ditambah piutang kemudian dikurngi hutang.
Sedangkan aset merupakan modal ditambah piutang dikurangi utang

terdapat dua jenis aset dalam perusahaan yaitu fixed assets dan current assets. fixed assets adalah aset yang memiliki wujud dimana perusahaan menggunakannya untuk keperluan operasional. kepemilikan asset ini bukan bertujuan untuk dijual. fix aset dimanfaatkan dalam waktu yang lama, atau bertahun-tahun. sehinga setiap tahunnya terdapat penurunan, beberapa contoh dari fixed aset adalah tanah, bangunan, kendaraan, perabotan rumah tangga dan alat-alat produksi. 
Perbedaan utang dan piutang perlu diperhatikan, utang adalah suatu kewajiban perusahaan yang harus dibayar sedangkan piutang adalah bagian dari aset, contoh piutang adalah ketika seseorang menggunakan produk kita namun belum dibayarkan atau hutang yang perusahaan berikan kepada orang/perusahaan lain.  

Income Statement (Laba Rugi) 


Penghasilan merupakan jumlah produk dikalikan harga jual.
Penghasilan dikurangi dengan biaya produksi disebut gross profit.
Gross profit dikurangi biaya lain-lain disebut income profit
Income profit dikurangi pajak disebut laba bersih.

Income statement atau laporan laba/rugi (L/R) merupakan laporan penjualan dalam satu tahun. yang sekiranya dalam satu tahun tersebut perusahaan sudah mendapat laba/rugi. laba dan rugi mencangkup beberapa komponen diatas. 

biaya produksi mencangkup berbagai bahan ataupun peralatan yang dibeli untuk membantu jalannya proses produksi sedangkan laba operasi atau gross profit adalah laba yang diperoleh dari proses produksi, sedangkan biaya lain-lain merupakan biaya yang termasuk bunga, listri, sewa komputer, fotokopi, gaji direksi, bunga utang, pemasaran, penyusutan dan lain-lain. laba bersih merupakan laba sebelum pajak/income profit dikurangi pajak yang haruss dibayarkan. setelah mendapatkan laba bersih , seharusnya laba tersebut diberikan kepada pemilik modal, namun jika dikembalikan maka peruusahaan tidak memiliki kas, oleh karena itu biasanya laba bersih yang didapatkan dimasukkan kembali ke kas awal, hal ini disebut deviden, saat laba bersih sudah dikurangi deviden maka akan menghasilkan laba yang ditahan. 



Cash Flow

Uang kas awal sama dengan uang kas akhir di tahun sebelumnya
Uang kas awal ditambah uang masuk dari penjualan, penyusutan dan lain lai disebut uang kas
Uang kas ini dikurangi dengan pengeluaran selama 1 tahun di sebut uang kas akhir

Cash flow adalah laporan yang tidak menggambarkan modal yang ditanam, namun hanya melihat adanya kas, penggunaan kas, apakah memiliki sisa?, laporan ini juga tidak menggambarkan kekayaan suatu perusahaan, hanya menggambarkan aliran kas yang berputar di perusahaan tersebut.



Comments