Pelecing Kangkung Makanan Khas Lombok

Teman-teman apakah pernah bermain ke pulau Lombok? kalau pernah, pasti tahu atau pernah mencoba makanan khas lombok bernama Pelecing Kangkung. Well, tidak lengkap rasanya bila pergi ke lombok tanpa menikmati makanan khas yang satu ini. Kalau yang masih penasaran, sebenarnya makanan seperti apa sih Pelecing Kangkung itu?

Pelecing adalah makanan khas lombok yang terdiri dari kangkung segar lombok yang direbus dengan tambahan tauge rebus, kelapa parut goreng, dan yang paling penting dari hidangan ini adalah sambalnya. Sambal inilah yang menjadi ciri khas dalam sajian pelecing kangkung ini. Bahan - bahan yang digunakan dalam sambal terasi ini antara lain cabe rawit merah, tomat, garam, penyedap, terasi, dan perasan jeruk purut. Faktor yang mempengaruhi keunikan rasa sambalnya adalah terasi yang digunakannya. Terasi yang digunakan disebut terasi lengkare, yang mana memiliki warna yang lebih pekat dan memiliki rasa yang tajam, berbeda dengan terasi pada umumnya, seperti terasi dari Cirebon yang memiliki warna lebih cerah dan rasa agak smoky bila dipanggang. Perbedaan rasa khas terasi tersebut dapat dipengaruhi oleh kadar air laut, salinitas dan sinar matahari.

Selain dari sambal, jenis kangkung yang digunakan dalam pelecing kangkung juga khas, yaitu jenis kangkung air, yang biasa ditanam di aliran-aliran sungai di pulau lombok. Berbeda dengan kangkung yang hidup di tanah, kangkung air memiliki batang yang lebih besar dan renyah. Sehingga walaupun dimakan hingga ke batang kangkung, tidak terasa alot. Pelecing disajikan tidak dengan potongan kecil-kecil, namun dengan potongan memanjang hingga kebatang. Berikut penampakan pelecing kangkung khas lombok yang memiliki banyak penggemar.



Plecing Kangkung




Comments