Sejarah Ombus-Ombus dari Siborongborong

Ombus – Ombus Las Kede ....
Ombus – ombus Las Kede .....

Hi Guys, bingung ya? Kalian tau engga, apa itu ombus-ombus??
Ombu-ombus adalah salah satu makanan tradisional Indonesia lo!, Ombus-ombus berasal dari Kota Siborongborong -Tapanuli Utara. Bahan-bahan yang digunakan dalam ombus-ombus ini adalah tepung beras, dengan campuran kelapa parut, gula putih dan gula merah yang dibungkus dengan daun pisang. Bagi masyarakat Tapanuli Utara, ombus-ombus merupakan makanan yang sangat disukai,  banyak pedagang yang berlalu lalang kesana kemari untuk menjajakan ombus-ombus ini. “Ombus – Ombus Las Kede” sering kali terucap dari pedagang ombus-ombus disana. Arti dari ombus-ombus las kede adalah “ombus-ombusnya masih hangatlah” yang digunakan pedagang untuk menarik perhatian pembeli.

Nama Ombus-ombus diberikan karena makanan ombus-ombus ini ketika memakannya harus memberikan tiupan yang dalam bahasa batak ombus - ombus yang berarti tiup - tiup. Ombus-ombus memang enak disantap selagi hangat. Ombus-ombus mulai ada pada tahun 1940 yang diciptakan oleh Musik Sihhombing pada tahun 1940. Musik Sihombing memulai usaha dirumahnya yaitu jaln Balige Pusat Pasar Kecamatan Siborongborong. Pada mulanya ombus-ombus memiliki nama lappet bulung tetap panas, pada saat itu, kue lappet merupakan dagangan yang sangat menjanjikan karena memiliki banyak peminat.

Setelah pemilik pertama Musik Sihombing meninggal, Lappet Bulung Tetap Panas tidak mati da tetap banyak diminati, dimana usaha dagangannya dilanjutkan oleh Anggiat, nah, Anggiat inilah yang merasa nama Lapet bulung tetap panas merupakan nama yang terlalu panjang, sehingga ia melakuan inovasi, dengan memendekkan namanya menjadi Ombus-ombus yang artinya tiup-tius mengingat hidangan lampet dikonsumsi dengan cara meniup-niup terlebih dahulu. Saat ini Ombus-Ombus No 1 yag dicetuskan oleh Anggiat diteruskan oleh anaknya yaitu Walben Siahaan. Meskipun kini telah banyak jajanan tradisonal yang diperjual belikan, Walben Siahaan tetap mempertahankan usaha yang dirintis oleh orangtuanya.

Ombus-Ombus
Hingga saat ini ombus-ombus masih banyak dikonsumsi dan menjadi makanan khas Batak. Ombus-ombus tidak pernah kehilangan posisinya dihati masyarakat, kue ombus – ombus banyak dihidangkan dalam acara-acara pernikahan atau acara lainnya sebagai camilan penutup ditemani secangkir teh atau kopi.

Comments