Apa itu Junkfood?

Hi guys,  kalian pasti bertanya-tanya nih.  Apa sih junk food itu?  Kenapa burger digolongkan sebagai junk food,  padahal punya isian daging dan juga sayuran didalamnya, seharusnya oke - oke aja dong untuk konsumsi, tapi mengapa masih disebut "Junk Food"?  Junk Food dalam bahasa Indonesia berarti makanan sampah, sebenarnya apa nya sih yang sampah??  Yuk kita bahas disini.. 

Junk Food merupakan suatu istilah yang menunjukkan makanan dengan kandungan gizi seperti vitamin, mineral, serat yang rendah "nirnutrisi", selain itu memiliki kandungan lemak dan juga gula dalam jumlah yang besar. junk food sering disebut sebagai makanan jahat dan juga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan, hal ini dikarenkan konsumsi junk food  secara terus menerus dapat membahayakan kesehatan tubuh mengingat selain nutrisi tubuh tidak bisa dipenuhi oleh junk food, junk food juga memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi, dimana bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas.

Beberapa makanan yang digolongkan Junk Food antara lain, Gorengan, Makanan Kaleng, Mie Instan, Asinan, Manisan Kering, Makanan Olahan dengan bahan pengawet, makanan dari keju dan dibarengi gula, makanan dari daging yang tinggi lemak, serta jeroan, makanan yang di bakar sampai hitam, minuman bersoda, permen dan lain - lain.

sumber: www.canstockphoto.de
Junk Food sering kali disamakan dengan Fast Food, padahal sebenarnya berbeda, apa sih Fast Food itu? bila Junk Food merupakan jenis dari makanan maka Fast Food adalah salah satu dari bentuk dari penyajian suatu makanan. banyak jenis makanan yang dapat disajikan secara cepat "Fast Food"  jadi tidak semua Fast Food tidak sehat. contoh Fast Food yang sehat diantaranya lotek, pecel dan gado-gado dimana memiliki banyak sayudan dalam komposisinya.  sedangkan contoh fast food yang tidak sehat atau junk food diantaranya hamburger, minuman bersoda, permen, dan lain sebagainya.

Junk Food memang sebaiknya dihindari, karena konsumi yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan, beberapa penyakit tersebut diantaranya:
1. Serangan Jantung
     Serangan Jantung dapat terjadi akibat kandungan lemak jenuh yang tinggi pada junk food, lemak jenuh tersebut mengalir di aliran darah dan dapat menyumbat aliran darah di jantung, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.
2. Diabetes
    Diabetes dapat terjadi karena kandungan gula yang tinggi pada Junk food seperti pada soft drink, permen dll.
3. Hipertensi
    Hipertensi disebabkan oleh kandungan garam pada junk food yang relatif tinggi, konsumsi garam orang dewasa disarankan tidak lebih dari 5gr/hr
4. Kangker
   Pada dasarnya sel kangker ada dalam setiap tubuh manusia, zat kimia dan zat aditif pada junk food dapat memicu berkembangnya sel kangker tersebut.
5. Kegemukan (Obesitas)
   kandungan lemak, garam dan gula yang tinggi pada junk food dapat mengendap dalam tubuh dan menyebabkan obesitas atau kegemukan. 

Comments