Sate Kere - Sate Unik Khas Kota Solo

Sate Kere..

ya ! sate kere merupakan salah satu makanan khas yang berassal dari Solo yang bisa dibilang unik. pernah mendengar sate kere? baru-baru ini sate kere mendadak hits, karena dihidangkan pada acara pernikahan putri presiden kita Bapak Jokowidodo yaitu Kahiyang dan Bobby. yah, makanan ini memang cukup populer dikotanyaa karena memang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.

Berbeda pada sate pada umumnya yang menggunakan daging sebagai bahan utama, sate kere menggunakan tempe gambus sebagai bahan yang diggunakan. selain tempe bahan utama yang digunakan juga menggunakan jeroan sapi seperti paru dan usus sapi. bumbu saus yang digunakan pada sate kere juga sama pada sate pada umunya, yaitu menggunakan bumbu kacang.

Sate Kere

Mengapa sate ini dinamakan sate kere? dalam bahasa Jawa, kere berarti miskin. dulunya sate ini dibuat karena ketidak mampuan dalam membeli daging, sehingga sate ini dibuat dengan bahan baku tempe gambus yaitu tempe dengan bahan baku ampas tahu atau okara. dahulu orang memilih sate tempe gambus ini untuk menggantikan sate dari bahan dasar daging namun saat ini sate ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal untuk kalangan bawah sekitar Rp. 25 ribu satu porsi di salah satu pedagang kaki lima di Kota Solo.

Salah satu sate kere yang terkenal di Kota Solo adalah sate kere milik Yu Rebi yang ada di jalan Kebangkitan Nasional sejak tahun 1986. selain sate kere Yu Rebi ada juga sate kere yang dibuat oleh mbak Tug yang telah dijual semenjak pasar klewer berdiri. sate kere terkenal lainnya yaitu dibuat oleh Yu Ngatmi di warung kaki limanya yang berada di Kepatihan Wetan, Jebres, Solo.

Sate Kere
Dulunya hanya orang miskin yang mengkonsumsi jenis sate ini, oleh karena itu sate inipun disebut sate kere, namun hingga saat ini, sate ini diminati oleh banyak kalangan, baik kalangan atas maupun kalangan bawah. buat kalia yang main ke Solo, yuk cobain sate kere ! 


Comments