Mengenal Lactose Intolerance ! (Pengertian Intoleransi Laktosa)

Hi teman2, kali ini kita akan bahas intoleransi laktosa. Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai intoleransi laktosa atau dalam bahasa inggris disebut lactose intolerance kita perlu tahu terlebih dahulu apa yang di maksud dari laktosa, jadi laktosa itu apa sih?

Laktosa adalah jenis gula yang terkandung dalam susu dan produk turunannya.  Laktosa ini dalam tubuh nantinya akan di cerna oleh enzim laktase yang ada dalam usus halus dan dipecah menjadi gula yang lebih sederhana yaitu glukosa dan galaktosa. Setelah menjadi gula yang lebih sederhana barulah gula tersebut dapat di serap menjadi nutrisi dalam aliran darah.

Nah, baru kemudian kita dapat beralih ke intoleransi laktosa, apa yang dimaksud dengan intoleransi laktosa? Jadi, Intoleransi laktosa merupakan kondisi seseorang yang mengalami gejala seperti kembung, diare dan gas pada perut setelah mengkonsumsi susu dan produk turunannya.
Intoleransi lakosa dipengaruhi oleh 2 hal berikut yaitu:

1.       Defisiensi Laktase yaitu suatu kondisi dimana seseorang hanya memproduksi enzim laktase dalam ususnya dalam jumlah yang sedikit sehingga tidak mampu mencerna seluruh laktosa yang masuk dalam tubuh

2.       Malabsorbsi Laktosa yaitu suatu kondisi yang terjadi karena adanya defisiensi laktosa. Dala malabsorbsi laktosa , laktosa yang tidak tercerna di usus halus akan melewati usus besar dan diuraikan oleh bakteri yang ada dalam usus besar menjadi cairan dan gas. Yang akan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Tidak semua orang yang memiliki defisiensi laktase dan malabsorbsi laktosa akan memiliki gejala pencernaan, karena beberapa orang yang memilki intoleransi laktosa kadang mampu untuk mencerna laktosa susu dalam jumlah yang sedikit.

Beberapa gejala yang terjadi bila seseorang mengalami intoleransi laktosa yaitu    
  • Sakit perut
  • Perut terasa penuh
  • Diare
  • Gas/ kentut
  • Mual

Gejala akan mulai terjadi setelah 30 menit – 2 jam setelah mengkonsumsi susu dan produk turunannya. Untuk menghindari gejala-gejala tersebut, umumnya sebagian orang yang mengalami intoleransi laktosa akan mengganti produk susu dengan produk yang lain untuk di konsumsi seperti susu kedelai, susu free laktosa yaitu susu yang sudah ditambahkan enzim laktase didalamnya sehingga laktase dalam susu terpecah menjadi glukosa dan galaktosa. Hal ini mengakibatkan susu free laktosa akan memiliki rasa yang lebih manis dari pada susu biasa, dan yang terakhir adalah pil laktase, yang dapat diminum sebelum mengkonsumsi susu untuk membantu pencernaan susu dalam usus kita.

Comments